3 Faktor Pendukung Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Intro

Pada postingan terdahulu kita telah membahas masalah Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pelajar. Kali ini kita akan membahas 3 faktor pendukung Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini. Hal ini dikarenakan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang saat ini turut membentuk karakter generasi muda. Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Perangkat Yang Paling Berpengaruh

Berkembang cepat pesatnya informasi yang tersebar di masyarakat saat ini tidak dipungkiri karena dukungan perkembangan yang cepat pula dari perangkat Teknologi Informasi itu sendiri. Semakin canggih perangkat semakin cepat dan kreatifnya infromasi yang didapat. Berikut beberapa perangkat yang paling berpengaruh terhadap perkembangan informasi :

  1. Smartphone
  2. Komputer (PC/Laptop)
  3. Televisi

Ketiga perangkat tersebut merupakan perangkat yang paling efektif saat ini dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

3 Faktor Pendukung Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Sebuah informasi sangatlah berguna bagi siapa saja, tetapi siapa sangka bahwa informasi yang kita dengar dan lihat sangat berpengaruh dalam pembentukan pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Tanpa filter yang baik dan benteng yang kuat dalam diri seseorang informasi tersebut dapat menggiring pemikiran seseorang. Sehingga sesuatu yang benar bisa menjadi salah dan sesuatu yang salah bisa dianggap sebagai pembenaran. 3 Faktor pendukung Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah sebagai berikut :

  1. Perkembangan social media
  2. Aplikasi Messengger
  3. Media televisi

Ketiga faktor tersebut telah memberikan Dampak Negatif dan Positif yang luar biasa, sasarannya tidak hanya usia tua bahkan usia muda dan anak-anak. Anda bisa bayangkan jika seorang anak kecil berumur 3-4 tahun saja sudah pandai membuka youtube, dan anda bisa bayangkan jika tanpa pengawasan yang baik apa yang ditonton anak tersebut akan membentuk karakter pribadinya. Bahkan informasi-informasi yang disampaikan dari ketiga perangkat tersebut dapat membentuk sebuah opini seolah-olah informasi yang disampaikannya adalah benar padahal belum tentu benar. Kebanyakan dari masyarakat jika menerima informasi dari ketiga perangkat tersebut selalu menganggapnya 100% benar tanpa berpikir panjang. Lebih parahnya lagi adalah informasi tersebut langsung disebar tanpa berfikir adakah manfaatnya jika menyebar informasi tersebut.

Bijak Dalam Menggunakan Internet

Sebenarnya hal yang paling mendasar dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah internet. Dengan internet informasi dapat dijangkau dimana saja dan kapan saja. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan internet, tanamkan prinsip bahwa lebih baik mengambil sisi positif internet dan sejauh mungkin menghindari hal-hal negatif dari internet. Karena sejujurnya internet sangat bermanfaat jika kita gunakan secara positif untuk kegiatan-kegiatan yang baik, dan menyampaikan hal-hal yang baik. Jadilah generasi muda yang kreatif, inovatif, dan positif serta cerdas dalam membaca informasi.