Contoh Fungsi INDEX dan MATCH Dengan Banyak Kriteria

Fungsi INDEX dan MATCH adalah fungsi yang tidak bisa dipisahkan, karena kedua fungsi ini paling sering digunakan bersandingan, terutama untuk mencari data atau mencocokan data. Namun secara normalnya fungsi INDEX dan MATCH hanya menggunakan satu (1) kriteria untuk menghasilkan data yang di cocok kan. Perhatikan penjelasan berikut :Penggunaan Fungsi INDEX dan MATCH (Secara Normal)

Berikut ini akan dicontohkan penggunaan fungsi INDEX dan MATCH secara normal, yaitu data dicocok kan dengan 1 kriteria. Perhatikan gambar berikut :

index match excelFungsi MATCH bertugas mencari data yang sesuai dengan nama (G3) di dalam range (B2:B7) dan jika ditemukan akan menghasilkan posisi baris (row) dimana data tersebut berada.

index match excel2Sedangkan Fungsi INDEX bertugas menghasilkan nilai yang terdapat pada baris tersebut dengan nomor kolom yang ditentukan, misalnya kolom Nilai. Maka jika kita inputkan nama (G3) dengan nama Anis hasilnya adalah 10. Jika kita inputkan nama (G3) dengan nama Sarah maka hasilnya adalah #N/A, karena nama Sarah tidak ada (Not Avalaible) dalam range tersebut.

Dari contoh diatas terlihat bahwa fungsi INDEX dan MATCH menggunakan 1 kriteria saja yaitu nama. Lalu bagaimana jika dalam suatu daftar nama terdapat dua atau lebih nama yang sama ? Contoh jika anda inputkan nama (G3) dengan nama Doni maka hasilnya adalah 50, padahal dalam daftar tersebut terdapat dua nama Doni. Dan mungkin saja anda bukan menginginkan Doni tersebut yang muncul. Hal tersebut disebabkan fungsi INDEX dan MATCH akan berhenti setelah menemukan data pertama kalinya.

Untuk mengurai permasalahan tersebut maka diperlukan dua atau lebih kriteria yang bisa menjelaskan secara spesifik data yang akan dicari oleh INDEX dan MATCH. Sebagai contoh kita akan mencari menggunakan kriteria nama dan tanggal lahir agar lebih tepat. Penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

index match excel3

Pada gambar diatas kita fokus ke fungsi MATCH saja dimana nilai lookup_value kita ganti dengan 1 dan lookup_array kita ganti dengan dua kriteria. Lookup_value diganti dengan 1 dengan penjelasan TRUE dan FALSE, TRUE bernilai 1 dan FALSE bernilai 0, jika benar itu 1 dan salah itu 0. Karena kita menginginkan nilai benar (TRUE) maka di isi dengan 1. Lookup_array menggunakan kriteria pertama yaitu nama di range kolom B (B:B=G3), dan kriteria kedua yaitu tanggal lahir di range kolom C (C:C=G4). Untuk mengeksekusi formula tersebut tekanlah tombol Ctrl + Shift + Enter di keyboard, karena jika anda hanya mengeksekusinya dengan tombol enter akan didapat nilai #N/A.