Fungsi COUNTIFS dengan Banyak Kriteria

Menggunakan fungsi COUNTIFS hanya dapat dilakukan di Microsoft Excel 2007 keatas. Kegunaan fungsi ini adalah untuk menghitung banyaknya data dengan berbagai macam kriteria, tidak seperti COUNTIF yang hanya bisa menghitung banyaknya data dengan satu kriteria. Dalam contoh ini kita akan menghitung banyaknya karyawan yang berjenis kelamin Pria dan berstatus Single, tetapi sebelum masuk kedalam contoh penggunaannya sebaiknya pahami dahulu rumusnya :

Rumus :

=COUNTIFS(criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2]…)

  • criteria_range adalah range data dimana akan kita hitung banyaknya berdasarkan kriterianya
  • criteria adalah kriteria yang mencocokan data yang akan kita hitung.

Perlu diingat bawah jumlah kriteria dalam Fungsi COUNTIFS bisa mencapai 127 kriteria. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh tabel dibawah ini :

COUNTIFDari contoh tabel diatas dihitung banyaknya karyawan “Pria” dengan Status “Single” adalah 2 orang. Dengan menggunakan rumus :

=COUNTIFS(C4:C8,”Pria”,D4:D8,”Single”)

COUNTIF2C4:C8 adalah range untuk jenis kelamin, D4:D8 range untuk status. Perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan rumus Excel jika data berupa teks gunakan tanda petik dua (” “), dalam data yang dicari dengan yang ditulis dirumus haruslah sama, sedikit perbedaan huruf atau terdapat spasi saja tidak akan keluar hasil yang benar.

Kriteria dalam COUNTIFS juga dapat menggunakan operator lebih besar “>” atau lebih kecil “<“.

Semoga bermanfaat, jika kurang jelas tinggalkan komentar.