Gangguan TV Kabel SUN OUTAGE

TV Kabel adalah saluran televisi yang menggunakan satelite sebagai media transmisinya, dengan keunggulan gambar yang jernih dan terdapat lebih banyak channel. Namun pernahkan anda dirumah mengalami gangguan TV Kabel yang bernama SUN OUTAGE, gangguan ini tidak terjadi pada semua channel televisi anda tetapi hanya pada beberapa channel saja.sun outageSun Outage atau yang juga biasa disebut gerhana satelit adalah kondisi gangguan atau distorsi dari geostasioner satelit sinyal yang disebabkan oleh gangguan dari radiasi matahari, pada saat itu yang terjadi adalah Bumi-Satelite-Matahari berada dalam satu garis lurus. Pada saat posisi tersebut radiasi sinar matahari menggangu sinyal satelit.

gerhana satelitMatahari memancarakan energi thermal yang kuat ke seluruh spektrum mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit, termasuk gelombang mikro frekuensi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan satelit (C-Band, Ku-Band, Ka-Band) sehingga satelit mengalami kehilangan komunikasi dengan stasiun bumi.

Hilangnya sinyal satelit akibat dari proses Sun Outage ini menyebabkan beberapa channel tv kabel mengalami gangguan. Namun gangguan ini tidak berlangsung lama, kira-kira memakan waktu sekitar 10 menit. Jika dalam TV kabel anda tidak semua channel mengalami gangguan itu disebabkan karena, tv kabel anda mengambil channel dari beberapa satelit yang anda.