Membuat Video Timelapse dengan Samsung Galaxy E7

Apa itu Video Timelapse

Sebelum tahu cara Membuat Video Timelapse dengan Samsung Galaxy E7, sebaiknya kita harus tahu dahulu apa itu Video Timelapse. Video Timelapse dibuat dengan menggunakan teknik Timelapse photography, Timelapse photography adalah menjadikan sekumpulan foto yang diambil dalam periode tertentu menjadi sebuah klip video pendek. Periode pemotretan umumnya berdurasi lama, bisa hingga berjam-jam, sedangkan timing pengambilan foto bisa dibuat berkala setiap beberapa detik hingga menit, tergantung kebutuhan.

Obyek yang difoto biasanya adalah obyek yang punya gerakan sangat lambat, seperti gerakan awan, matahari, bulan, bintang dan sebagainya. Kebanyakan video timelapse dibuat dengan menggunakan Kamera Photography, namun disini kita akan mencoba membuatnya dengan modal Smartphone saja.

Perangkat

Untuk membuat Video Timelapse dapat direkomendasikan menggunakan samsung Galaxy S6, S7 dan S8, namun disini saya Membuat Video Timelapse dengan Samsung Galaxy E7. Namun perlu diketahui bahwa semua smartphone saat ini dapat digunakan untuk membuat Video Timelapse, dengan menggunakan aplikasi bawaan, atau menggunakan aplikasi pihak ke-tiga yang ada di Application Store masing-masing smartphone.

Membuat Video Timelapse

Yang saya siapkan waktu membuat video timelapse adalah :

  1. Ide (ide mau ngambil gambar timelapse apa…)
  2. Smartphone
  3. Aplikasi Timelapse (jika disamsung)
  4. Tripod
  5. Kopi dan pisang goreng (karena nunggunya lumayan lama)

Setelah siap semua, jalankan aplikasi Timelapse dan pilih kecepatannya dari Fast-Faster-Superfast tergantung selera anda mau seperti apa kecepatan timelapse-nya. Tekan tombol recording jika anda telah siap, dan tunggulah kira-kira 1-5 jam untuk mendapatkan video yang lumaya agak panjang sedikit.

Berikut adalah contoh video timelapse yang dibuat dengan Samsung Galaxy E7.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × five =