Memperbaiki Tablet Advan Mati

baterai kosongPernahkan anda mengalami tablet Android anda kehabisan baterai dan tidak mau dicharge lagi ? Jika pernah, ikuti ulasan berikut tentang bagaimana cara memperbaikinya. Berbeda dengan smartphone android, tablet android biasanya baterai nya menyatu dengan rangkaian pcb (disolder), sehingga susah untuk melepasnya tanpa solder. Perangkat tablet atau smartphone tidak bisa mengisi baterai jika baterai sudah benar-benar dalam kondisi kosong (0%), sehingga saat anda mencoba untuk mengisi baterai perangkat tidak dapat mengisinya (ditandai dengan tablet tidak bergetar atau indikator pengisian baterai tidak tampak) seperti mati total. Baterai yang sudah kosong (0%) harus di charge tanpa menggunakan perangkat, dalam pengertian umum baterai 0% adalah mati suri dan harus di kejutkan untuk membangkitkannya kembali. Langkah-langkah yang anda harus lakukan adalah :

  1. Siapkan solder, timah dan kabel berwarna merah dan hitam secukupnya.
  2. Buka cassing belakang tablet anda.
  3. Perhatikan posisi kabel merah dan hitam pada baterai yang menempel pada PCB.
  4. Lepaskan kabel baterai tersebut dengan cara di solder.
  5. Gunakan kabel merah dan hitam lainnya yang telah anda persiapkan dan sambungkan pada pcb tablet anda sesuai dengan posisi merah dan hitam sebelumnya.
  6. Siapkan charger anda untuk di buka pembungkus kabelnya agar dapat disambungkan ke kabel baterai yang telah kita lepaskan dari PCB tadi (tujuannya adalah untuk mengisi baterai langsung ke charger tanpa melalui tablet.
  7. Sambungkan kabel charger, dan kabel baterai sesuai dengan warnanya dan biarkan selama 15 menit agar baterai terisi.
  8. Setelah 15 menit lepaskan kabel baterai dengan kabel charger, dan sambungkan pada kabel baterai di PCB yang telah kita buat sebelumnya.
  9. Test nyalakan tablet anda.
  10. Dan hasilnya tablet anda hidup kembali, sesaat setelah tablet anda hidup normal, matikan (shutdown) tablet anda.
  11. Lepaskan kabel sambungan antara baterai dengan PCB, dan lepaskan kabel sementara di PCB dengan solder.
  12. Sambungkan kabel baterai ke PCB seperti posisi semula, dengan cara di solder kembali.
  13. Tutup cassing belakang tablet anda, dan charge melalui perangkat tablet anda.
  14. Selesai

Selamat mencoba.

* Catatan saat menyolder di PCB gunakan cairan solder agar PCB tidak hangus kepanasan. dan usahakan solder dengan rapih jangan sampai timah menempel pada komponen lainnya.