Menentukan Pemenang Secara Acak Menggunakan Fungsi RANDBETWEEN Excel 2007

Seandainya kita memiliki anggota perkumpulan sebanyak 11 orang, dan setiap minggunya kita akan mengocok nama-nama anggota tersebut untuk mendapatkan 1 buah IPad, apa yang anda pergunakan ? Cara konvensionalkah ? dengan menggunakan kertas bertuliskan nama dan dikocok seperti arisan ibu-ibu pengajian ? Gunakan teknologi Excel untuk melakukannya, Excel mempunyai fungsi yang sangat bagus yaitu RANDBETWEEN. Rumus fungsi tersebut kalau kita artikan adalah Random (Acak) Between (antara), artinya fungsi tersebut digunakan untuk memilih data secara acak antara batas atas dan bawah. Perhatikan rumus nya berikut :

=RANDBETWEEN(bottom,top)

  • RANDBETWEEN =perintah untuk memilih data secara acak
  • Bottom = batas bawah
  • top = batas atas

Coba buatlah tabel seperti tampak pada gambar dibawah ini :

randbetween sample

Langkah Pertama :

Pada C14 ketiklah rumus :

=RANDBETWEEN(1,11)

Langkah kedua :

Blok Santi sampai dengan Supri dan beri nama range “nama” (tanpa tanda petik) jika bingung lihat postingan Memberi Nama Pada Range

Langkah ketiga :

Pada D14 ketiklah rumus :

=INDEX(nama,C14)

Jika bingung tentang fungsi index lihat postingan Fungsi Index

Langkah ke empat :

Ketilah disembarang cell “kocok” (tanpa tanda petk) ๐Ÿ™‚ , lihat hasilnya setiap kali anda mengetikan kocok maka pemenang nya akan terpilih secara otomatis.

Sebenarnya kata kocok tidak menentukan hasil, karena setiap kali kita melakukan perubahan pada cell dimanapun fungsi RANDBETWEEN akan berjalan.