Mengatasi Masalah File Hilang Terserang Virus di Flashdisk

Pernahkah anda mendapati flashdisk teman atau milik kita sendiri yang isinya penuh, tetapi ketika dibuka didalamnya hanya terdapat shortcut seperti contoh ini: flashdisk terkena virusHal tersebut biasanya terjadi karena file telah ter-hidden oleh virus yg ada pada komputer kita. Jika mengalami hal seperti diatas jangan terburu-buru pusing lalu melakukan format pada flashdisk, berikut adalah langkah-langkah agar data yg ter-hidden(disembunyikan) bisa terlihat lagi :

Akses Folder Options.
Langkah ini dilakukan untuk membuat komputer menampilkan file-file yang tersembunyi seperti file system windows. Klik tombol start ketik Folder Options (Untuk Windows Vista, 7, 8 dan 10), klik menu Folder Option yang tampil di Start Menu.

folder options on start menu windowsSebenarnya ada beberapa cara untuk mengakses folder options, seperti melalui Windows Explorer, Control Panel, namun cara ini yang dianggap paling mudah dimengerti.

Mengatur Hidden File
Setelah tampil jendela Folder Options, klik tab menu View. Pilih opsi “Show hidden files, folders anda drives-On”, hilangkan cek list “Hide Protected Operating System Files”. Klik tombol OK, dan akses kembali flashdisk anda melalui Windows Explorer, dan sekarang file anda yang ter-hidden akan terlihat.

show hidden file windowsMengapa cara ini tidak bekerja untuk Windows XP ?
Windows XP adalah windows yang paling rentan terkena virus, virus didalam Windows XP berkuasa penuh terhadap aksi yang dilakukan pengguna. Sehingga terkadang Folder Options di disabled oleh Virus, atau walaupun sudah mengatur opsi hidden file di folder options virus akan mengembalikannya kembali ke posisi hidden.

Adakah cara selain menggunakan folder options Windows ?
Cara lain adalah menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga seperti Hidden File Tool 2.0. Dengan aplikasi ini anda dapat mengubah attribute file yang ter-hidden tanpa perlu repot-repot.
hidden file tool 2.0

Download Hidden File Tool 2.0

Apakah yang harus saya lakukan untuk menghindari serangan virus ke flashdisk ?
Jangan menghubungkan flashdisk ke komputer yang tidak menggunakan antivirus. Gunakan antivirus di komputer anda, dan mematikan fitur autorun windows.

Original by Joko Purnomo (LP3i) edited by Hendra Darmawan, A.Md