Mengenali Virus Lokal Pada Media Penyimpanan Eksternal

imagesUntuk komputer yang tidak terhubung dengan koneksi internet atau jaringan, virus biasa masuk melalui media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, atau Disket (floppy Disk). Virus-virus ini biasanya virus lokal yang biasanya berektensi file aplication (EXE), VBS (Visual Basic Script), Batch, dan membawa file pendukung (INF). Virus ini sudah cukup merepotkan mereka yang masih awam tentang virus, nah kali ini akan dibahas bagaimana mengenali virus tersebut agar tidak masuk kedalam system komputer kita (komputer standalone).

Asumsikan bahwa komputer anda belum terserang virus, artinya bersih dari virus. Saat anda menghubungkan media penyimpanan contohnya flashdisk langkah yang anda harus lakukan adalah :

  1. Abaikan fasilitas autorun Windows dengan menekan tombol close pada window, atau tombol cancel.
  2. Jelajahi isi flashdisk anda dengan menggunakan windows explorer dengan cara klik kanan pada tombol Start kemudian pilih Explore (bisa juga dengan menekan tombol pada keyboard Logo Windows + E), setelah terbuka jendela Windows Explorer, lalu pilih di drive mana flashdisk anda berada (E, F, atau G ….).
  3. Jangan membuka apapun terlebih dahulu.
  4. Setelah anda berada pada Drive dimana flashdisk anda berada, langkah selanjutnya adalah anda cari pada toolbar windows explorer dengan nama view, pilih opsi detail.
  5. Akan tampak pada list file lengkap beserta type filenya.
  6. Type filenya inilah yang kita gunakan untuk membedakan mana file virus mana yang bukan.
  7. Seharusnya Folder typenya adalah File Folder, Microsoft Word typenya Microsoft Word Document dan seterusnya, jika kita temui perbedaan antara icon file serta type : contoh ada file bericon Microsoft Word tetapi bertype Application itu adalah virus, atau ada file berupa gambar (JPEG Image) tetapi bertype Application itu juga virus, pokoknya yang tidak sesuai dengan mestinya adalah berbahaya.
  8. Hapuslah file asing tersebut. Ingat jangan sekali-sekali me-double kliknya.
  9. Perhatikanlah dan ingatlah¬† setiap isi flashdisk anda….!

Catatan : File pasti mempunyai Ekstensi (ekor) yang berguna untuk membedakan file yang satu dengan  yang lain contohnya untuk File Microsoft Word berekstensi .doc atau .docx (ex: dataku.doc), untuk melihat ekstensi file coba pada windows explorer carilah menu Folder Options kemudian pilih Tab View, lalu hilangkan cek pada opsi Hide Extensions for Known File Types, klik tombol Apply, klik tombol OK, dan lihat nama file sudah mempunyai ekor setelah tanda . (titik)

Selanjutnya akan dibahas pada bagian ke 2….