Menonaktifkan Program Yang Berjalan Otomatis (Disable Startup App) Windows

Jika anda memiliki PC, Notebook atau Netbook yang telah lama anda gunakan (bukan fresh install)  pasti didalamnya terdapat banyak program aplikasi yang telah anda Install. Banyak program Aplikasi untuk Windows yang membuat dirinya berjalan otomatis saat komputer dihidupkan (Startup). Hal yang paling baik adalah memilih mana program aplikasi yang perlu berjalan otomatis atau tidak. Berikut ini adalah cara mudah untuk menonaktifkan program aplikasi yang tidak anda butuhkan :

  1. Lihat dahulu program apa saja yang berjalan otomatis saat startup pada Windows Task Manager. Cara mudahnya Klik Kanan di Taskbar, pilih Task Manager. Klik Tab Proses.
    taskmanager
  2. Setelah anda tahu program apa saja yang sedang berjalan, selanjutnya menonaktifkan program-program yang berjalan otomatis saat startup. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menjalankan RUN, ketik msconfig.exe tekan tombol OK atau Enter pada keyboard.
    runwindows
  3. Akan tampil jendela System Configuration, klik tab Startup, hilangkan ceklist program aplikasi yang anda tidak ingin kan berjalan otomatis. Klik tombol OK, muncul pesan Restart atau Exit Without  Restart, klik Restart.
    systemconfiguration

Perlu diketahui bahwa banyak program aplikasi yang berjalan otomatis saat windows startup yang dapat memperlambat Loading Windows. Dengan menonaktifkannya berarti anda telah membuat PC anda lebih cepat dari pada sebelumnya.