Menyembunyikan drive pada Windows XP/Vista

Dalam Windows Explorer kita dapat melihat drive media atau drive partisi harddisk beserta isinya, dan biasanya dalam sistem Windows setiap Drive diwakili dengan huruf A-Z.

explore

Ada cara mudah untuk dapat menyembunyikan Drive yang kita inginkan dengan sedikit merubah registry Windows.

Coba buka regedit.exe, dengan cara klik run, dan ketikan “regedit.exe” (tanpa tanda petik). Kemudian coba browse atau akses pada key :

HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer

regeditJika Explorer tidak ada anda harus membuatnya sendiri dengan cara klik kanan pada Policies dan pilih New Key kemudian beri nama Explorer. Didalam key Explorer secara default key NoDrives tidak ada, dan ada harus membuatnya dengan cara klik kanan dalam key Explorer kemudian pilih DWORD (DWORD 32 bit Value dalam Windows Vista) dan beri nama NoDrives.

Sebelum mengisi value (nilai) dalam key NoDrives perhatikan tabel dibawah ini :

tabelhexdes

Tabel diatas menunjukan nilai desimal dan hexadesimal dari sebuah drive yang diwakili oleh abjad A-Z. Dalam contoh ini kita akan menyembunyikan drive A dan Drive F, lihat nilai desimal pada drive A = 1 dan Drive F = 32, sehingga nilai desimal untuk mengisi key NoDrives adalah dengan cara menggabungkan kedua nilai drive tersebut menjadi 33. Double klik key NoDrives isi valuenya dengan 33 dan pilih option Base pada Desimal kemudian Klik OK.

editUntuk melihat hasilnya restart komputer anda, ingat jika anda ingin mengembalikan kedalam keadaan sebelumnya anda bisa menghapus key NoDrives tersebut. Cara ini juga bisa digunakan pada Windows XP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − six =