Penggunaan Fungsi VLookUp Microsoft Office 2003

Fungsi VLookUp adalah fungsi yang kita gunakan untuk memperoleh data dari sebuah table array range tertentu, data yang diambil berdasarkan kolom, secara vertikal. Perhatikan Rumus Fungsi VLookUp Berikut ini :

=Vlookup(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

  1. Lookup_value adalah data yang akan dijadikan acuan untuk mengambil data lainnya dalam sebuah range table
  2. Table_array adalah sumber table yang akan diambil datanya
  3. col_index_num adalah nomor kolom yang akan diambil datanya dalam range table array (ingat ini dalam table range bukan dalam kolom Microsoft Excel Default)

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :

Rumus untuk contoh diatas :

  1. C12 di isi dengan =VLOOKUP(B12;B3:D8;2)
  2. D12 di isi dengan =VLOOKUP(C12;C4:D8;2;0)

Di asumsikan kita akan mengambil data dari table range pertama yaitu B3 sampai dengan D8. Data yang diambil (col_index_num) adalah Nama, (dalam hal ini col indexnya = 2 karena dalam tabel array kolom nama terdapat di kolom nomor 2), dengan data acuan (lookup_value) dari B12 dari table (table_array) B3:D8. Jadi nantinya saat data acuan B12 kita ubah maka C12 akan secara otomatis terisi Nama sesuai nomor urutnya. Kemudian pada D12 kita akan isi data nilai (col_index_num) , (dalam hal ini col indexnya = 2 karena dalam tabel array C4:D8 kolom Nilai terdapat di kolom nomor 2), dengan mengambil data dari tabel range C4 sampai dengan D8 (table_array) dengan data acuan (lookup_value) dari C12. Sehingga jika Nama terisi, secara otomatis D12 akan terisi nilai berdasarkan nama tersebut.

Semoga bermanfaat. 🙂

 

4 thoughts on “Penggunaan Fungsi VLookUp Microsoft Office 2003

Leave a Reply