Penjumlahan Bilangan Pangkat Dua Dengan Fungsi SUMSQ Microsoft Excel

Fungsi SUM dalam Microsoft Excel terdapat banyak jenisnya, kurang lebih terdapat 8 fungsi SUM, sebagai contoh terdapat fungsi yang bernama SUMSQ. Apakah kegunaan fungsi SUMSQ? Fungsi SUMSQ digunakan untuk mencari penjumlahan hasil kuadrat (pangkat dua) dari suatu bilangan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut :
SUMSQ

Perhatikan gambar diatas, pada gambar tersebut terlihat bahwa terdapat sebuah operasi perhitungan yang menjumlahkan 2 buah bilangan pangkat 2. Microsoft Excel memberikan kemudahan untuk melakukan operasi perhitungan tersebut dengan menggunakan fungsi SUMSQ. Rumus umum fungsi SUMSQ adalah :

=SUMSQ(number1, [number2], …)

Rumus fungsi diatas menjelaskan bahwa perintah SUMSQ digunakan untuk menjumlahkan dua atau lebih buah bilangan pangkat 2. Argumen number1 adalah field yang wajib diisi bilangan yang akan di kuadratkan, sedangkan argumen number 2 dan seterusnya bersifat opsional (boleh disii boleh tidak). Sebagai contoh lihatlah gambar berikut :

SUMSQ2Jadi intinya fungsi SUMSQ adalah fungsi yang digunakan untuk menambahkan dua atau lebih bilangan kuadrat. Fungsi SUMSQ tidak meninggalkan fungsi aslinya yaitu menjumlahkan (SUM).

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply