Persamaan Fungsi PRODUCT DAN SUMPRODUCT Dalam Excel

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi SUMPRODUCT dalam Microsoft Excel. Dan kali ini akan dibahas mengenai persamaan fungsi PRODUCT dan SUMPRODUCT, karena fungsi SUMPRODUCT merupakan turunan fungsi yang berasal dan fungsi SUM dan fungsi PRODUCT. Sebelum lebih jauh, yang harus dipahami adalah penggabungan dua fungsi tersebut menjadi fungsi SUMPRODUCT. Fungsi SUM adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan yang terdapat pada suatu range tertentu, sedangkan fungsi PRODUCT adalah fungsi yang digunakan untuk mengalikan bilangan yang terdapat pada range tertentu. Jadi jika digabungkan menjadi satu kedua fungsi tersebut fungsi SUMPRODUCT memiliki arti fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian dari suatu bilangan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :

productPada contoh diatas terlihat bahwa fungsi PRODUCT bertugas mengalikan bilangan yang terdapat dalam range, yaitu A2:A4 (1 x 2 x 3) sehingga menghasilkan nilai 6. Namun, hal tersebut dapat juga diterapkan pada fungsi SUMPRODUCT, lihatlah contoh berikut :

product2Pada contoh diatas terlihat bahwa fungsi SUMPRODUCT menghasilkan nilai yang sama dengan fungsi PRODUCT, artinya kedua fungsi tersebut memiliki kesamaan dalam kondisi tertentu. Kondisi tertentu maksudnya adalah bahwa fungsi SUMPRODUCT sejatinya adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian antara bilangan yang terdapat pada range(array) satu dengan range(array) lainnya, namun jika kondisi range (array) hanya 1 maka fungsi SUMPRODUCT menghasilkan hal yang sama dengan fungsi PRODUCT.

Rumus fungsi SUMPRODUCT.

SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], …)

Rumus Fungsi PRODUCT.

PRODUCT(number1, [number2], …)

Terlihat bahwa fungsi SUMPRODUCT berwujud array pada argumennya sedangkan fungsi PRODUCT berwujud bilangan bukan array. Namun pada kondisi array hanya 1 maka fungsi SUMPRODUCT dapat menggantikan fungsi PRODUCT.

Semoga bermanfaat.