Pivot Table dalam Microsoft Excel

Pernah mendengar Pivot Table ? Pivot Tabel adalah kondisi yang dapat memungkinkan Anda untuk mengatur ulang dan meringkas kolom dan baris data yang dipilih dalam spreadsheet atau database untuk mendapatkan laporan yang diinginkan. Tetapi Pivot Tabel tidak benar-benar mengubah spreadsheet atau database itu sendiri, karena hasilnya akan ditempatkan pada lembar lain. Dalam Microsoft Excel terdapat fasilitas yang bernama Pivot Tables, salah satu fitur terbaik di Microsoft Excel yang memungkin anda untuk meringkas data dari sejumlah data sumber yang banyak. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :

Kita memiliki data di sheet1 yang terdiri dari No, Nama Produk, Kategori Produk, Harga Jual, Tanggal, dan Kota.

pivotsample1

Download Pivot-Tabel Diatas.

Untuk membuat Pivot Table, ikuti langkah-langkah berikut :

Klik dahulu salah satu cell dalam tabel yang berisi banyak data (sheet1). Klik tab Insert, klik Menu Icon Pivot Table.

menu icon pivot table

Maka Microsoft Excel akan secara otomatis menyeleksi range dari semua isi tabel. Pada jendela Create Pivot Table sudah terisi rangenya, selanjutnya terdapat pilihan tempat menaruh hasil dari Pivot Table. New worksheet (sheet baru) dan Existing Baru (sheet yang sudah ada). Klik Ok.

PivotTableWindow

Setelah itu akan muncul worksheet baru dengan tampilan layout yang telah diberikan.

PivotTable Layout

Serta jendela pengaturan field yang akan ditampilkan pada layout pivot tables. Pilih field yang anda ingin tampilkan pada layout. Dengan cara Drag n Drop ke tampilan Layoutnya.

PivotTableFieldOptions

Secara sederhana tampilannya akan menjadi seperti ini :

hasil pivot table

Begitulah penjelasan sederhana kegunaan dari Pivot Tables, yang jelas Pivot Tables berguna untuk meringkas, mengatur data yang jumlahnya banyak menjadi mudah, tanpa harus merubah tabel aslinya.