Proteksi Windows 7 Dengan UAC

Apakah UAC ? UAC merupakan singkatan dari User Account Control salah satu fitur Windows 7 yang membantu anda untuk dapat mengontrol aktivitas dalam komputer ketika sebuah program Aplikasi akan melalukan perubahan. Fitur ini dapat mencegah serangan-serangan program aplikasi (software) yang berjalan dibelakang layar, seperti merubah system registry, menghapus/mengganti file system dan lain-lain. Aktivitas tersembunyi tersebut biasanya dilakukan oleh program-program aplikasi berbahaya, dan fungsi fitur UAC inilah yang akan membentenginya pertama kali. UAC akan memberikan konfirmasi kepada anda apakah aktivitas tersembunyi tersebut disetujui atau tidak, sehingga komputer anda akan lebih aman dari serangan program berbahaya.

UAC message

Kebanyakan pengguna Windows 7 malah menonaktifkan fitur UAC ini, karena mereka merasa terganggu. Tetapi bagi kami fitur ini sangatlah membantu untuk mencegah program-program yang tidak diinginkan berjalan, terinstall, merusak sistem Windows 7 anda. Berikut adalah cara mengakses fitur UAC :

  1. Klik tombol start
  2. Klik bingkai foto di paling atas
    user account pic Windows 7
  3. Klik change User Account Control Setting.
    UAC Setting 1
  4. Akan muncul jendela User Account Control Setting, terdapat 4 pilihan setting yang bisa anda pilih disana dengan menggerakan slider controlnya, 4 pilihan itu adalah :
    1. Always notify me when (anda akan selalu diperingatkan jika ada program akan menginstall atau membuat perubahan dalam komputer anda, atau anda sendiri yang akan menginstall program atau melakukan perubahan pada komputer)
    2. Default-Notify me only when programs try to make changes to my computer (pada pilihan ini jika anda sendiri yang akan melakukan perubahan pada sistem tidak akan diperingatkan oleh UAC)
    3. Notify me only when programs try to make changes to my computer (do not dim my desktop). (pilihan ini lebih hampir sama dengan pilihan b tetapi jika ada perubahan pada desktop anda maka UAC tidak akan memberi peringatan.
    4. Never notify me when (pilihan ini adalah pilihan untuk menonaktifkan UAC secara utuh, sehingga tidak akan ada peringatan apapun yang diberikan.

      Rekomendasi yang diberikan Windows secara default adalah pilihan b, namun kami merekomendasikan anda untuk memilih pilihan a, untuk keamanan komputer anda.
      UAC windows 7 recomended

  5. Setelah memilih, klik tombol OK dan restart komputer anda.

Leave a Reply