Spike Teknik Tersembunyi Di Microsoft Word

Baik Microsoft Word maupun Microsoft Excel punya beberapa fitur tersembunyi, salah satunya adalah Spike. Spike adalah fitur yang memungkinkan anda mengcopy object atau text sekaligus dari beberapa dokumen yang berbeda di Microsoft Word dalam satu waktu, untuk ditempatkan di dokumen baru. Spike akan menempatkan hasilnya secara berurutan sesuai dengan urutan anda dalam mengcopy. Berbeda dengan teknik copy-paste yang memungkinkan anda hanya sekali melakukan copy kemudian mem-paste-nya di tempat lain. Sebagai contoh misalnya anda ingin membuat sebuah laporan yang datanya di ambil dari beberapa file dokumen microsoft word yang berbeda, akan sangat merepotkan jika anda menggunakan fasilitas copy-paste, karena anda akan berulang-ulang kali membuka dokumen. Lakukanlah dengan fasilitas Spike, dengan cara blok teks atau object yang akan diambil kemudian tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + F3, berpindahlah ke dokumen lainya dimana text atau object yang akan diambil selanjutnya. Letakkan hasilnya ke dokumen baru Microsoft word kemudian tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Shift + F3. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

dokumen 1 wordPertama saya ingin mengambil teks pada dokumen 1 word seperti gambar diatas, saya blok kemudian tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + F3.

dokumen 2Kedua saya ingin mengambil teks dari dokumen kedua, blok dan tekan tombol Ctrl + F3 lagi, dan terakhir saya tempatkan hasilnya pada dokumen baru Microsoft Word dengan menekan tombol Ctrl + Shift + F3, dan berikut adalah hasilnya :

dokumen 3 wordYang perlu diingat adalah saat kita melakukan spike maka teks atau object aslinya akan hilang, jadi untuk menghindari hilangnya data anda jangan simpan dokumen yang teks atau object nya telah kita ambil, cukup undo saja agar kembali seperti semula.