Tips Memilih Charger Yang Baik Untuk Smartphone Atau Tablet

Tahukah anda siapa yang paling setia menemani anda ? Jawabannya saat ini adalah smartphone anda, kemanapun, kapanpun dia ada bersama anda. Dengan keberadaanya tersebut membuat anda harus senantiasa menjaganya untuk tetap hidup, yaitu dengan men-charge baterainya. Masalahnya adalah kita terkadang sembarangan saja dalam soal men-charge smartphone atau tablet, sembarangan maksudnya adalah bahwa tidak semua charger smartphone itu sama walaupun dengan connector yang sama.
informasi baterai

Perhatikan Besar Volt (tegangan) yang ada pada charger dan yang terdapat pada baterai smartphone / tablet anda. Hampir semua barang elektronik memliki informasi mengenai tegangan (volt) yang dibutuhkan oleh perangkat tersebut, untuk smartphone / tablet biasanya terdapat pada baterai. Pilihlah charger dengan tegangan (Volt) sedikit lebih besar dari pada baterai anda. Contoh baterai anda memiliki tegangan sebesar 3,7 Volt maka charger yang baik adalah 4-5 Volt.

Perhatikan Besar Arus Listrik yang ada pada charger dan baterai smartphone anda. Sama seperti langkah sebelumnya perhatikan informasi yang diberikan pada perangkat anda. Pilihlah charger dengan Arus Listrik (Ampere) yang lebih besar atau setengahnya lebih kecil dari baterai anda. Contoh baterai anda memiliki besar arus 1600 mAh (1,6 A) maka charger yang baik adalah minimal 1A (satu Ampere, lebih besar lebih baik). Charger dengan Ampere lebih besar dari baterai menyebabkan waktu charger lebih cepat.

Dengan memperhatikan pemilihan charger yang tepat membuat baterai smartphone / tablet anda dapat berumur panjang dan bekerja dengan baik.

3 thoughts on “Tips Memilih Charger Yang Baik Untuk Smartphone Atau Tablet

  1. Mau nanya min . Batre saya kpstasnya 2000mah . Charger sya rusak ,mending beli charger yg bgaimna min ,tolong bntu

  2. bagini mas, saya mempunyai tablet advan vanbook w100, yang baterainya 6000 mah, nah kabel datanya tiba tiba rusak (yang rusak kabel datanya 1,5 A), kepala chasnya tidak bermasalah, saya ingin membeli kabel data yang baru, yang bagaimana yang harus saya beli? apakah boleh kabel data apa saja? apakah boleh saya beli kabel data yang 2,1 A?
    mohon di respon ya mas, terimakasih bantuannya

    • beli kabel data apa saja, yang penting kualitas kabel datanya, jangan yang mudah putus di dalam, biasanya terjadi pada kabel data yang murah.

Comments are closed.